Apa itu Bisnis Informatika ?

Standard

     Bisnis informatika merupakan disiplin ilmu baru yang menggabungkan berbagai aspek manajemen bisnis, teknologi informasi, dan informatika. Tujuan dari Bisnis Informatika adalah untuk sepenuhnya mengintegrasikan pengetahuan ilmu komputer dan bisnis administrasi menjadi satu kesatuan.
Jadi yang membedakan Bisnis Informatika dengan bisnis – bisnis lainya yaitu cara dia merencanakan, membuat, mengelola, dan menjalankan bisnis tersebut dengan menggunakan teknologi informasi khususnya internet. Ya pertama perencanaan, perencanaan sangat penting sebelum kita memulai suatu bisnis. Untuk bisnis informatika perencanaan dapat dimulai dari kita mau membuat apa misalnya jika kita ingin membuat website tentang berita yang up to date kita harus memikirkan dengan apa kita membuat website tersebut, apa programnya, server yang handal dan tempat hosting yang bagus dan powerfull. Yang kedua yaitu membuat jika persiapan sudah matang baru kita memulai membuatnya. Dalam memulai kita tidak harus langsung sempurna karena untuk menekan biayanya. Karena kita baru memulai bisnis tersebut. Jalankanlah seperti biasa dan apabila sudah banyak yang tahu akan website kita baru kita mulai meningkatkannya. Yang ketiga mengelola, tentu saja dalam bisnis pasti ada pengelolaan yaitu pasti menyangkut dana. Buat apa? Ya dalam bisnis informatika khususnya pembuatan web berita kita memerlukan dana untuk maintenance apa bila terjadi error atau serangan cyber, penggantian hardware dan software, membayar hosting dan lain – lain. Dan satu lagi yang penting yaitu biaya pengiklanan tentu saja tidak mungkin web yang kita buat langsung mendadak terkenal perlu penyebaran dan pemberitahuan kepada masyarakat agar mengetahui ada website tentang berita yang kita buat.
Lalu dari mana kita mendapatkan untung?banyak sekali cara – cara mendapatkan untuk dibisnis informatika salah satunya yaitu iklan. Terlebih lagi jika web kita sudah terkenal dan banyak dibuka orang. Perusahaan – perusahaan pasti tertarik untuk mengiklankan productnya diweb kita agar bisa dilihat banyak orang. Kemudian bisa saja kita membuat versi ebook, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali yang isinya kumpulan berita – berita yang ada diweb kita. Lalu jika orang ingin mempunyai ebook tersebut bisa dengan mendownload ebook tersebut tetapi kita kenakan biaya.
Disini saya mengambil Kompas.com sebagai contoh. Kompas dahulunya adalah surat kabar /Koran dengan nama Harian Kompas(sekarang masih terbit dan mempunya banyak pembaca). Ide awal penerbitan harian ini datang dari Jenderal Ahmad Yani, yang mengutarakan keinginannya kepada Frans Seda untuk menerbitkan surat kabar yang berimbang, kredibel, dan independen. Frans kemudian mengemukakan keinginan itu kepada dua teman baiknya, P.K. Ojong (1920-1980) dan Jakob Oetama yang pada waktu itu sudah mengelola majalah Intisari yang terbit tahun 1963. Ojong langsung menyetujui ide itu dan menjadikan Jakob Oetama sebagai editor in-chief pertamanya.
Awalnya harian ini diterbitkan dengan nama Bentara Rakyat.Salah satu alasannya, kata Frans Seda, nama Bentara sesuai dengan selera orang Flores. Majalah Bentara, katanya, juga sangat populer di sana. Atas usul Presiden Sukarno, namanya diubah menjadi Kompas, pemberi arah dan jalan dalam mengarungi lautan dan hutan rimba.
Kompas mulai terbit pada tanggal 28 Juni 1965 berkantor di Jakarta Pusat dengan tiras 4.800 eksemplar. Sejak tahun 1969, Kompas merajai penjualan surat kabar secara nasional. Pada tahun 2004, tiras hariannya mencapai 530.000 eksemplar, khusus untuk edisi Minggunya malah mencapai 610.000 eksemplar. Pembaca koran ini mencapai 2,25 juta orang di seluruh Indonesia.
Namun seiring perkembangan zaman masyarakat ingin yang praktis dan cepat. Orang – orang sudah jarang lagi membeli Koran karena berbagai alas an diantaranya waktu. Masyarakat ingin selelu cepat mengetahui informasi yang ada. Bahkan sedetik lalu pun jika ada peristiwa atau informasi mereka ingin mengetahuinya. Saat inilah Kompas mulai menggunakan bisnis informatika.
Pada tahun 2008 dibuatlah sebuah website berita dengan url http://www.kompas.com/. Kompas mengunakan media website sebagai media penyampaian berita – berita ia liput selain dikoran. Alhasil banyak yang merospon dan pembaca setiap harinya. Kemudian pada tahun 2009 tepatnya 1 Juli 2009 dibuatlah versi eBooknya yaitu Koran digital yang berbentuk elektronik.


Isi KOMPAS ePaper ini tidak sama dengan Kompas.com. Apabila pada Kompas.com, informasi-informasi yang diberikan berbeda dengan Kompas versi kertas koran, maka KOMPAS ePaper memiliki isi (berita dan iklan) yang sama dengan Kompas versi kertas koran. Perbedaan mendasarnya hanya pada mediumnya saja, tidak lagi menggunakan kertas koran, melainkan dalam bentuk digital atau sering juga disebut dengan epaper. Pada saat peluncurannnya, akses KOMPAS ePaper tidak memungut biaya, namun membutuhkan plugin tambahan yaitu Microsoft Silverlight yang wajib dipasang terlebih dahulu pada Peramban web yang digunakan.
Karena sudah mulai banyak pembaca maka Per 1 Mei 2011, untuk mengakses digital.kompas.com harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, sistem langganan berbayar ini meliputi KOMPAS Cetak, KOMPAS Reader dan KOMPAS ePaper. Selain versi Microsoft Silverlight yang kaya fitur dan interaktif, KOMPAS ePaper juga dapat diakses lebih mudah dan cepat melalui Peramban web biasa tanpa Microsoft Silverlight dengan syarat fitur Javascript pada perambah tersebut dalam status terpasang dan aktif.


Tidak hanya berhenti disitu saja Kompas mencoba bisnis informatika dibidang lainnya yaitu diantaranya:
KOMPAS TV
– KOMPAS Editor’s Choice untuk iPad dan Blackberry
– KOMPAS Reader 1.0
– Kode QR (dakode) (QR Code)
-Kompas Augmented Reality (AR)
-Aplikasi Teka-teki Silang Kompas (TTS Kompas) di Blackberry
Visi dan misi Kompas yaitu “Menjadi Perusahaan yang terbesar, terbaik, terpadu dan tersebar di Asia Tenggara melalui usaha berbasis pengetahuan yang menciptakan masyarakat tedidik, tercerahkan, menghargai kebhinekaan dan adil sejahtera.”
Dalam perekrutan tenaga kerja kompas mempunyai persyaratan utama dan juga masuk dalam nilai nilai yang diwariskan oleh para pendiri kompas yaitu caring, credible, competent, competitive dan customer delight. Kompas dalam mencari / merekrut tenaga kerjanya mereka juga menggunakan media online yaitu yang berada pada http://www.kompaskarier.com disitulah jika orang – orang yang ingin mendaftar sebagai pegawai Kompas.
Tanggung jawab Kompas terhadap pembaca yaitu memberikan berita yang cepat dan terpecaya. Kompas juga membuat semacam forum yang didalamnya berisi celotehan pembaca baik yang ingin memberikan masukan, curhat dan juga yang ingin memberikan berita. Kompas juga mengadakan Kompas Gramedia Fair yaitu pameran buku dan dan media yang didalamnya terdapat banyak sekali kegiatan diantaranya : bazar buku murah dengan memberikan discount yang besar, seminar, lomba – lomba dan masih banyak lagi kegiatan yang diadakan kompas pada acara tersebut.
Tanggung jawab terhadap lingkungan yaitu Kompas juga membantu penghematan kertas dengan cara membuat versi ebooknya. Jadi orang – orang yang ingin juga membantu penghematan kertas mereka lebih memilih mendownload versei ebooknya dari pada membeli Korannya. Berarti kompas juga membantu mengurangi penebangan pohon untuk pembuatan kertas.

Sumber:

http://www.wisegeek.com/what-is-business-informatics.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_%28surat_kabar%29

http://www.kompasgramedia.com/aboutkg/vissionmission

http://www.kompasgramedia.com/events/read/33/kompas-gramedia-fair-2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s