Hubungan Grafis dengan Budaya

Standard

Desain tak kan lepas dari manusia buktinya dari zaman dahulu hingga sekarang banyak sekali karya-karya yang telah dibuat. Dahulu manusia-manusia prasejarah sudah mengenal desain buktinya terdapat lukisan-lukisan didinding yang menggambarkan kehidupan mereka dizaman dahulu. Mereka menggambar sesuatu apa yang mereka lihat saat itu. Contohnya gambar binatang, orang bekerja dan lain-lain. Karena orang-orang dahulu lebih paham terhadap gambar-gambar/symbol-simbol karena pada waktu itu belum terdapat tulisan-tulisan. Tulisan sendiri pun muncul berawal dari symbol symbol yang baru berubah menjadi huruf-huruf atau tulisan. Termasuk alphabet yang ada sekarang pada awalnya tulisan tersebut berasal dari symbol-simbol zaman dahulu.

Bangunan –bangunan dahulu pun sudah memiliki desain yang unik dan simetris. Padahal zaman dahulu belum ada ilmu yang mempelajari ilmu arsitektur. Contohnya piramida dimesir bentuknya simetris, patung spinx mempunyai desain yang unik dengan kepala manusia berbadan singa padahal zaman dahulu belum ada alat canggih mendesain bangunan seperti itu. Tetapi saya rasa zaman dahulu sudah terdapat ilmu seperti arsitektur buktinya bangunan sebesar pyramid patung spinx dapat kokoh sampai sekarang tanpa bantuan bahan perekat seperti semen yang sudah digunakan untuk membangun gedung-gedung pada masa kini.

  

Desaind itu sendiri sebenarnya tumbuh dari pikiran manusia itu sendiri. Setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda beda. Termasuk di Indonesia yang memiliki banyak sekali keragaman budaya. Setiap daerah memiliki corak kain yang berbeda yang menggaambarkan sifat-sifat daerah itu masing-masing. Contohnya kain dari Madura dan Palembang, kain Madura kebanyak bergambar tumbuhan dan hewan-hewan sedangkan kain dari Palembang biasanya mempunyai corak perak dan emas. Juga rumah adatnya setiap daerah pun berbeda beda contohnya rumah daerah Sulawesi selatan mempunyai bentuk atap yang menjulang keatas dan memiliki hiasan kepala kerbaw diatapnya sedangkan dari irian mempunyai rumah dengan model atap yang unik yaitu bentuk bulat.


Zaman sekarang ketika ilmu arsituktur dipelajari bangunan sudah mementingkan semua hal yaitu termasuk ketahanan tanah, air tanah, angin, sanitasi dan lain-lain karena bangunan zaman sekarang lebih mementingkan keaspek lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s