Kaitan Bitmap dengan Vector dan Sebaliknya

Standard

Ya kali ini saya akan menerangkan sedikit kepada anda kaitan bitmap dengan vektor dan sebaliknya. Jika anda belum mengetahui apa itu bitmap dan vektor baca terlebih dahulu artikel saya tentang vektor dan bitmap disini.

Bitmap dan vector memiliki banyak kaitan yaitu diantaranya sama-sama digunakan untuk membuat/mengambar gambar grafis. Dan masing-masing mempunyai kegunaan masing2. Bitmap biasanya digunakan untuk gambar2 foto sedangkan vektor digunakan biasanya saat membuat icon, logo dll. Tetapi anda juga bisa membuat dengan sebaliknya gambar2 foto memakai vektor membuat logo2 memakai bitmap tetapi hasilnya tidak akan sebaik yang pertama. Apabila anda sudah terlanjur membuat gambar foto2 dengan bitmap kemudian membuat logo2/icon2 dengan vektor anda juga bisa mengubah/mengconvert gambar tersebut. Yaitu misalnya ingin mengubah gambar bitmap menjadi vektor anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai macam aplikasi diantaranya dengan CorelDraw. Untuk caranya saya tidak menerangkannya disini karena saya belum begitu mahir melakukannya. Teknik tersebut biasanya disebut “Tracing”. Tracing sendiri dalam makna grafis maksudnya adalah manggambar ulang dengan memakai acuan. Contoh gambarnya sebagai berikut. Karena saya belum bisa menggunakan tersebuat saya memakai gambar dari internet.

Anda juga bisa mengubah gambar vektor menjadi bitmap. Hasilnya gambar vektor yg awalnya jika diperbesar tidak akan pecah maka apabila sesudah diconvert maka gambar nya apa bila diperbesar gambar nya akan terlihat pecah.
Demikian penjelasan singkat dari saya tentang kaitan bitmap dengan vektor atau sebaliknya. Terima Kasih.
Sumber http://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat

Leave a Reply

