KONSEP PEMODELAN GRAFIK DARI SISI JENISNYA YAITU BITMAP, VEKTOR, OKTED BESERTA FUNGSINYA

Standard

Ya langsung saja, berikut ini saya akan menjelaskan tentang konsep pemodelan grafik dari sisi jenisnya, bitmap vektor okted beserta fungsinya.

Grafik adalah karangan visual yang dapat memberi satu atau lebih keterangan visual. Grafik bisa terdiri dari kumpulan titik-titik, garis, dll

bitmap, grafik bitmap merupakan grafik yang terdiri dari susunan titik2/pixel.

Diantara lain fungsinya:

-Untuk membuat Pixel art. Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Digunakan pada computer dan game2 lama serta pada handphone-handphone monochrome. Dalam bitmap kita juga bisa menggambar:

– garis lurus,

-melengkung,

-dithering/gradasi atau menggabungkan antara 2 warna agar terlihat menyatu

-anti aliasing yaitu memberikan tampilan yang lebih halus pada garis melengkungdengan membuat titik-titik warna yg lebih muda/rendah disekitar garis melengkung. Cara ini juga berguna agar ketika gambar diperbesar tidak terlalu rusak/ bertitik

Vector, grafik vector merupakan grafik yang tersusun atas garis2 yg dibuat menggunakan perhitungan rumus matematika. Untuk membuat garis, lingkaran, persegi, Dll vector menggunakan rumus oleh karena itu gambar tidak akan pecah atau berbintik kita diperbesar berkali kali.

Vector juga terdiri dari 3 macam yaitu :

  1. Titik

Dalam vector titik tidak memiliki dimensi jadi ketika ditampilkan dimonitor titik tampil dalam bentuk simbol2,

  1. Garis

Yaitu bentuk linier yg menghubungkan antara 2 titik. Digunakan untuk membuat objek-objek 2 dimensi

  1. Poligon

Digunakan untuk membuat objek-objek 2 dimensi. Didalam polygon minimal ada 3 titik yang saling terhubung. Untuk membentuk suatu objek.

Fungsinya diantara lain selain digunakan untuk membuat objek2 seperti logo, clipart dll juga digunakan untuk membuat grafik 3D.

Okted adalah bagian bagian yg tergabung dan membentuk sebuah bagian baru. Seperti titik2 dan garis2 membentuk suatu objek.

Sekian penjelasan dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih.

Sumber : http://aflah7.wordpress.com/2010/10/14/konsep-pemodelan-grafik-2d-dan-3d/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s